Oleh: pkps7 | Oktober 13, 2009

LATAR BELAKANG

Menyadari tingakt persaingan di masa depan yang akan semakin ketat sebagai konsekuensi logis dari globalisasi, maka perlu dilakukan usaha yang terencana, sistematis dan berkelanjutan dari masyarakat Sunda untuk meningkatkan kualitas individu. Globalisasi sendiri sebagai factor yang mendorong cepatnya perubahan sosio-kultural di tengah-tengah masyarakat merupakan suatu keniscayaan. Kita tidak mungkin menolak globalisasi, namun justru harus menjadikan globalisasi sebagai suatu “tantangan” ketimbang sekedar dijadikan “ancaman”. Atas dasar itulah GEMA JABAR berpandangan bahwa salah satu upaya untuk menjawab tantangan globalisasi adalah dengan meningkatkan kualitas SDM. Upaya tersebut dilakukan dengan mengadakan DIKLAT KEPEMIMPINAN PUTRA SUNDA.

Selain memberikan berbagai wawasan yang dapat membentuk karakter seorang pemimpin, diklat ini juga merupakan wadah bagi generasi muda Sunda untuk menjalin hubungan baik antar komunitas, organisasi kampus maupun organisasi kepemudaan lainnya yang ada di tatar Sunda. Hubungan tersebut dilandaskan atas kesadaran bahwa kemajuan masyarakat hanya dapat dicapai dengan usaha bersama serta hubungan yang sinergis dari setiap elemen.

Pelatihan kepemimpinan ini dikhususkan bagi generasi muda Sunda sebagai mayoritas pemduduknya, tetapi bukan sebagai bentuk egoisme kedaerahan yang sempit (chauvimisme). Penegasan “Sunda” dalam Diklat ini karena kesdaran bahwa Putra Sunda sebagai stakeholder utama Jawa Barat tidak boleh tertinggal bahkan harus tampil ke depan dan bersaing untuk keunggulannya di dalam kesatuan Republik Indonesia.


Kategori

%d blogger menyukai ini: